SKRIPSI

Penulis / NIM
IYAM AKUBA MADJID / 151408119
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
i ABSTRAK Iyam Akuba Madjid 2012. Meningkatkan Kemampuan Menemukan Rumus Luas Persegi Panjang Melalui Penerapan Teori Bruner Pada Siswa Kelas 3 SDN II Lupoyo Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. (Pembimbing I Dra Martianty Nalole, M.Pd dan pembimbing II Dra. Samsiar Rivai S.Pd, M.Pd.) Permasalahan dalam penelitian ini apakah dengan menerapkan teori Bruner dapat meningkatkan kemampuan menemukan rumus luas persegi panjang pada siswa kelas 3 SDN II Lupoyo kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo? Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menemukan rumus luas persegi panjang pada siswa kelas 3 SDN II Lupoyo Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Langkah dalam penelitian ini yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa, dari 19 orang siswa yang dikenakan tindakan, 9 orang atau 68,42% memperoleh nilai yang baik. Prosentase ini meningkat pada siklus II. Dari 19 orang siswa yang dikenakan tindakan, 18 orang siswa atau 94,73 %, hal ini sudah memenuhi indikator kinerja dalam penelitian yaitu minimal 75% siswa yang dikenai tindakan memiliki kemampuan dalam menemukan rumus luas persegi panjang dengan perolehan nilai pada tes evaluasi adalah 70 ke atas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan teori Bruner dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menemukan rumus luas persegi panjang dikelas 3 SDN II Lupoyo Kecamatan.Telaga Biru Kabupaten Gorontalo Kata Kunci: Kemampuan Siswa dan Penerapan Teori Bruner vii ii ABSTRACT Iyam Akuba Madjid. 2012. Improve the ability of a Rectangle Finding the Area Formula Through the Application of Theory Bruner Elementary School Students Class 3 District II Lupoyo Gorontalo Regency Lake Blue. Skripsi Department of Primary Teacher Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo. (Adviser I Dra Martianty Nalole, M.Pd and Adviser II Dra Samsiar Rivai S.Pd, M.Pd.) About problem in this research what by applying theory Bruner can increase ability finds square extent formula long on student brazes 3 SDN II. Lupoyo Regency Blue Lake districts Gorontalo? This research was conducted with the aim to improve the ability to find the formula of rectangular area through the application of theory Bruner for students in the third class in SDN II Lupoyo, Telaga Blue Distric Gorontalo The results showed that in cycle I, of the 19 students who imposed the action, or 68.42% 9 people obtain good grades. This percentage increased in the second cycle. Of the 19 students who imposed the action, 18 were students or 94.73%.Thus, it has accomplished performance indicator in observational it which is minimal 75% student that hit by action has ability in find square extent formula long with appreciative acquisition on essays evaluation be 70 to above. It can be concluded that the application of the theory of Bruner can enhance students' skills in finding the area of the rectangle formula in the third class in SDN II Lupoyo, telaga blue Distric Gorontalo Keywords : Ability Student and Application the theory of Bruner. viii
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011