Penulis / NIM
KARMILA K. LAIMA / 151408122
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Abstrak
i
ABSTRAK
Karmila K. Laima. 2012. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menceritakan Isi
Dongeng Melalui Teknik Membaca di Kelas II SDN 1 Bua Kecamatan Batudaa
Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas
Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dra. Dajani Suleman,
M.Hum, Pembimbing II: Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Apakah kemampuan siswa
dalam menceritakan isi dongeng dapat ditingkatkan melalui teknik membaca di
Kelas II SDN 1 Bua Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo?”. Sedangkan tujuan
penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menceritakan isi
dongeng melalui teknik membaca di kelas II SDN 1 Bua Kecamatan Batudaa
Kabupaten Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas.
Dengan teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik
analisis data yang digunakan adalah analisis persentase. Penelitian dilaksanakan
dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari tahap awal, tahap pelaksanaan tindakan,
tahap pemantauan dan evaluasi.hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan
menggunakan teknik membaca mampu meningkatkan kemampuan menceritakan isi
dongeng siswa usia dini di SDN I Bua Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo.
Hal ini ditunjukkan dengan hasil observasi awal tingkat rata-rata kemampuan siswa
menceritakan isi dongeng hanya sebesar 45% atau 9 dari 20 yang ada pada siswa
kelas I SDN I Bua Kecamatan Batudaa. Hal tersebut secara signifikan mengalami
peningkatan menjadi 60.00% atau 12 dari 20 orang siswa pada siklus I. Pada siklus
yang ke II terjadi peningkatan kemampuan menceritakan isi dongeng pada Siswa
kelas I SDN 1 Bua Kecamatan Batudaa menjadi 75% atau 15 dari 20 orang anak.
Dengan demikian maka hipotesis tindakan yang berbunyi jika digunakan teknik
membaca maka kemampuan siswa menceritakan isi dongeng dapat meningkat, dapat
diterima.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan
teknik membaca, akan meningkatkan kemampuan siswa menceritakan isi dongeng.
Kata Kunci: dongeng, teknik membaca
ii
ABSTRACT
Karmila K. Laima. NIM. 151 408 122. Of 2012. Improve the Ability of Students
Contents Telling Tales Through Reading Technique in Class II SDN 1 Bua Sub
Batudaa Gorontalo regency. Thesis. S1 Primary School Teacher Education Faculty of
Education, State University of Gorontalo. Mentors I: Dra. Dajani Suleman, M. Hum,
Supervisor II: Dra. Hj. Evi Hasim, M Ed
The problems examined in this study is "What is the content of students' skills in
telling the tale can be enhanced through reading technique in Class II SDN 1 Bua Sub
Batudaa Gorontalo regency". While the purpose of this study was to improve
students' ability to tell stories through the technique of reading the content in class II
SDN 1 Bua Sub Batudaa Gorontalo regency.
The method used in this study is action research methods class. With observational
data collection techniques, documentation, and interviews. Data analysis technique
used is the analysis of the percentage. The experiment was conducted in two cycles,
each cycle consisting of the initial stage, the stage of implementation actions,
monitoring and evaluation stage.The results showed that by using reading techniques
to improve students' ability to tell the tale content early on SDN I Bua District
Batudaa Gorontalo regency. This is indicated by the observation of the initial level of
the average ability of students to tell stories content only by 45% or 9 of the 20 that
exist in the first grade students of SDN I Batudaa Bua district. It significantly
increased to 60.00% or 12 of the 20 students in cycle I. In the second cycle to
increase the ability to tell tales on the contents of the I grade students at SDN 1 Bua
District Batudaa to 75% or 15 of the 20 children. Thus the hypothesis which states act
if the technique is used to read the contents of a student's ability to tell fairy tales can
be increased, can be accepted.
Based on these results it can be concluded that if the technique is used to read, then
the contents of a student's ability to tell fairy tales can be improved.
Keywords: ability, the content of fairy tales, reading techniques
Download berkas