Penulis / NIM
KARSYAWATI KAI / 151408123
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
Karsyawati Kai. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi
Lingkungan Hidup Melalui Model Pembelajaran Terpadu Di Kelas III SDN 04
Paguyaman Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo. Skripsi, Jurusan
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri
Gorontalo. Pembimbing I Drs. Ahmad Lamusu, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II
Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah Hasil Belajar Siswa Pada
Materi Lingkungan Hidup Dapat Ditingkatkan Melalui Model Pembelajaran
Terpadu di Kelas III SDN 04 Paguyaman? maka tujuan yang diharapkan dari
penelitian Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Lingkungan
Hidup Melalui Model Pembelajaran Terpadu Di Kelas III SDN 04 Paguyaman”.
Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan
kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian tindakan kelas ini
dianggap berhasil jika memenuhi indikator kinerja, yaitu: (1) jika dalam
pengamatan, hasil belajar seluruh siswa mendapat nilai 7 dan (2) jika daya
keberhasilan siswa mencapai minimal 80%. Berdasarkan hasil penelitian dan
pembahasan, siklus I dan II dengan fokus penelitian meningkatkan hasil belajar
siswa pada materi lingkungan hidup melalui model pembelajaran terpadu di kelas
III, diperoleh hasil belajar dari ke 5 indikator yakni, pada siklus I mencapai 65%
setelah pada siklus II mencapai 85%. Dengan keseluruhan hasil belajar diperoleh
yang tuntas dalam hasil belajarnya 17 siswa atau 85% dan yang tidak tuntas hasil
belajarnya 3 siswa 15%. Berdasarkan hasil pada siklus II ini maka disimpulkan
bahwa penelitian ini telah berhasil.
Kata Kunci: Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Lingkungan Hidup
Melalui Model Pembelajaran Terpadu
Download berkas