Penulis / NIM
LILI HAMID / 151408125
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Abstrak
ABSTRAK
Lili Hamid, Nim 151408125, 2012. Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan
Soal Cerita Perkalian yang Hasilnya Bilangan Tiga Angka Melalui Metode
Inquiri Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan
Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing I Dra. Syamsiar Rivai S,Pd M.Pd dan Pembimbing II Dra. Martianty
Nalole M.Pd.
Rumusan masalah penelitian tindakan kelas ini adalah apakah dengan
menggunakan metode Inquiri, kemampuan dalam menyelesaikan soal cerita
perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka pada siswa kelas III SDN I Tridharma
akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa
kelas III SDN I Tridharma dalam menyelesaikan soal cerita perkalian melalui
metode inquiri.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas III SDN I Tridharma,
tahun ajaran 2011/2012. Siswa yang dikenai tindakan berjumlah 21 orang.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan lembar
observasi, tes, dan dokumentasi serta kuantitiatif dengan penskoran atau
presentase capaian.
Setelah melakukan penelitian dengan menempuh dua siklus, maka hasil yang
diperoleh dari siklus I ke siklus II memperoleh peningkatan. Dari hasil observasi
awal presentase ketuntasan pada materi ini adalah 38.10 % atau 8 siswa yang
tuntas dan 61.90% atau 13 siswa yang tidak tuntas. Pada siklus I presentase
ketuntasan sudah mengalami peningkatan meskipun belum mencapai indikator
kinerja yang ditentukan. Presentase ketuntasan siklus I adalah 47.62% atau 10
siswa yang sudah tuntas dan 52.38 % atau 11 siswa yang belum tuntas. Sedangkan
pada siklus II presentase ketuntasan sudah melebihi indikator kinerja yaitu
90.48% atau 19 siswa yang tuntas dan hanya 9.52% atau 2 siswa yang belum
tuntas. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa
dengan menggunakan metode inquri, kemampuan dalam menyelesaikan soal
cerita perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka pada siswa kelas III SDN I
Tridharma kecamatan Pulubala, meningkat.
Kata Kunci : Kemampuan, soal cerita, dan Metode inquiri
Download berkas