SKRIPSI

Penulis / NIM
LILI HAMID / 151408125
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Abstrak
ABSTRAK Lili Hamid, Nim 151408125, 2012. Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Perkalian yang Hasilnya Bilangan Tiga Angka Melalui Metode Inquiri Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Syamsiar Rivai S,Pd M.Pd dan Pembimbing II Dra. Martianty Nalole M.Pd. Rumusan masalah penelitian tindakan kelas ini adalah apakah dengan menggunakan metode Inquiri, kemampuan dalam menyelesaikan soal cerita perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka pada siswa kelas III SDN I Tridharma akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas III SDN I Tridharma dalam menyelesaikan soal cerita perkalian melalui metode inquiri. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas III SDN I Tridharma, tahun ajaran 2011/2012. Siswa yang dikenai tindakan berjumlah 21 orang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan lembar observasi, tes, dan dokumentasi serta kuantitiatif dengan penskoran atau presentase capaian. Setelah melakukan penelitian dengan menempuh dua siklus, maka hasil yang diperoleh dari siklus I ke siklus II memperoleh peningkatan. Dari hasil observasi awal presentase ketuntasan pada materi ini adalah 38.10 % atau 8 siswa yang tuntas dan 61.90% atau 13 siswa yang tidak tuntas. Pada siklus I presentase ketuntasan sudah mengalami peningkatan meskipun belum mencapai indikator kinerja yang ditentukan. Presentase ketuntasan siklus I adalah 47.62% atau 10 siswa yang sudah tuntas dan 52.38 % atau 11 siswa yang belum tuntas. Sedangkan pada siklus II presentase ketuntasan sudah melebihi indikator kinerja yaitu 90.48% atau 19 siswa yang tuntas dan hanya 9.52% atau 2 siswa yang belum tuntas. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode inquri, kemampuan dalam menyelesaikan soal cerita perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka pada siswa kelas III SDN I Tridharma kecamatan Pulubala, meningkat. Kata Kunci : Kemampuan, soal cerita, dan Metode inquiri
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011