Penulis / NIM
LILISANDRI GANI / 151408126
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Lilisandri Gani. 2012. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Dengan Menggunakan Kata-Kata Sendiri Melalui Cerita Guru Di kelas II SDN No.28 Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Ratnarnarti Pahrun, M.Pd. dan Pembimbing II, Wiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd., M.Pd.
Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan berbicara siswa dengan menggunakan kata-kata sendiri melalui cerita guru di kelas II SDN No.28 Kota Selatan Kota Gorontalo dapat meningkat. Penilitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dengan menggunakan kata-kata sendiri melalui cerita guru di kelas II SDN No.28 Kota Selatan Kota Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penilitian ini adalah metode penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Langkah dalam penilitian ini yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi.
Hasil penelitian pada siklus I menunjukan bahwa, dari 22 orang siswa yang dikenakan tindakan, 14 orang atau 63,63 % mampu berbicara dengan menggunakan kata-kata sendiri. Persentase ini meningkat pada siklus II. Dari 22 orang siswa yang dikenakan tindakan, 19 orang siswa atau 86,36 % mampu berbicara dengan menggunakan kata-kata sendiri.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbicara siswa dengan menggunakan kata-kata sendiri melalui cerita guru di kelas II SDN No.28 Kota Selatan Kota Gorontalo meningkat.
Kata Kunci : Berbicara, Cerita.
Download berkas