Penulis / NIM
LINDA MOHAMAD / 151408128
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Abstrak
ABSTRAK
Linda Mohamad. 2012. Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Perubahan Lingkungan Melalui Metode Eksperimen Di Kelas IV SDN No. 7 Bone Pantai Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S. Pd, M.Pd dan Pembimbing II Drs. H. Ahmad Lamusu, S.Pd, M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini bahwa “Apakah dengan menggunakan metode eksperimen pemahaman siswa pada materi perubahan fisik terhadap daratan akan meningkat?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi perubahan fisik terhadap daratan melalui metode eksperimen di kelas IV SDN No. 7 Bone Pantai Kabupaten Bone Bolango.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian yang dilaksanakan di kelas IV SDN No. 7 Bone Pantai Kabupaten Bone Bolango dengan jumlah siswa 29 orang yang terdiri dari 18 orang laki-laki dan 11 orang siswa perempuan yang pada siklus I menunjukkan bahwa dalam pemahaman siswa pada materi perubahan lingkungan hanya 12 orang atau 41,37 % yang memperoleh kriteria tuntas, sedangkan pada siklus II kemampuan siswa meningkat menjadi 24 orang siswa atau 82,75 % yang memperoleh nilai ketuntasan belajar.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi perubahan lingkungan dalam pembelajaran IPA.
Kata Kunci: Pemahaman Siswa Pada Materi Perubahan Lingkungan, Metode Eksperimen
Download berkas