Penulis / NIM
LINDAWATI IDRUS / 151408129
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK
Lindawati Idrus. 2012. Meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa Melalui Model Numbered Head Together pada siswa kelas 3 SDN 17 Kota Barat. Skripsi, program S1 PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Hj Sumarni Mohammad, S.Pd. M.Pd dan pembimbing II Dra Ratnarti Pahrun M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini adalah, apakah kemampuan siswa membaca puisi di kelas 3 SDN 17 Kota Barat akan meningkat melalui Model Numbered Head Together?. penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca puisi melalui Model Numbered Head Together di Kelas 3 SDN 17 Kota Barat.
Pada Observasi awal siswa yang memperoleh nilai 6,5 ke atas yaitu berjumlah 5 orang dengan rata-rata kelas 55 %. Kemudian pada siklus I diperoleh bahwa kemampuan membaca siswa dengan Model Numbered Head Together belum memenuhi kriteria yang diharapkan. Dimana kemampuan siswa belum memuaskan dengan rata-rata 60% maka pembelajaran belum tuntas sehingga diadakan tindak lanjut ke siklus berikutnya. Pada pembelajaran siklus II sudah sebagian besar siswa dapat membaca puisi melalui Model Numbered Head Together di Kelas 3 SD memperoleh peningkatan yang lebih baik sebesar 80%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Puisi dengan menggunakan Model Numbered Head Together telah berhasil.
Kata kunci:Membaca, Puisi, Model Numbered Head Together
Download berkas