SKRIPSI

Penulis / NIM
LUSIANA ISHAK UTINA / 151408130
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
v ABSTRAK LUSIANA UTINA, NIM. 151 408 130“Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Jenis-jenis Pekerjaan Melalui Metode Pemberian Tugas di Kelas III SDN 1 Lupoyo Kecamatan Telaga Biru.” Suatu penelitian Tindakan Kelas, Skripsi, Gorontalo, Program S1 PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, 2012. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui metode pemberian tugas di kelas III SDN I Lupoyo dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi jenis-jenis pekerjaan. Adapun tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi jenis-jenis pekerjaan melalui metode pemberian tugas di kelas III SDN 1 Lupoyo Kecamatan Telaga Biru. Sementara teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas, dimana tindakan penelitian dinyatakan berhasil jika telah tercapai kriteria ketuntasan belajar sebesar 70-80% dari jumlah keseluruhan subyek penelitian dengan rata-rata skor lebih dari 65. Subyek dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas kelas III SDN I Lupoyo Tahun pelajaran 2011-2012. Hasil belajar siswa diukur berdasarkan kriteria ketuntasan belajar perorangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari hasil observasi awal yaitu 43%, pada siklus I naik menjadi 57% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 93% dengan daya serap klasikal yaitu 74,46%. Kesimpulan dari hasil penelitian bahwa dengan menggunakan metode pemberian tugas hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi jenis-jenis pekerjaan mengalami peningkatan yang baik. Kata kunci: Hasil belajar, jenis-jenis pekerjaan, Metode pemberian tugas vi ABSTRACT LUSIANA Utina, NIM. 151 408 130 "Improving Student Results to Content Types Through Work in Class Method of Providing Duty Lupoyo III Elementary School Kecamatan Telaga Biru." A Class Action research, Skripsi, Gorontalo, S1 PGSD Program, Faculty of Education, State University of Gorontalo, of 2012. Problems in this study is whether via the method of administration duties in a class III Lupoyo SDN I can improve student learning outcomes on the material types of work. The research goal is to improve student learning outcomes on the material types of work through the method of administration duties in a class III SDN Lupoyo Kecamatan Telaga Biru. While the data analysis technique used is descriptive qualitative. This study uses a Class Action Research, in which action research has been declared a success if it achieved the criteria for exhaustiveness study 70-80% of the total number of study subjects with an average score of more than 65. The subjects in this study were 30 students in grade third grade lesson SDN I Lupoyo Year 2011-2012. Student learning outcomes were measured based on completeness criteria of individual learning. The results showed that students' results improved from the initial observation that is 43%, on a cycle I go up to 57% and in the second cycle increased to 93% with classical absorption which is 74.46%. Conclusions from the study that by using the method of giving the task of student learning outcomes in social studies the types of materials has increased a good job. Key words: learning results, the types of work, method of administration tasks
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011