Penulis / NIM
MARLIN ABDULLAH / 151408134
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
ABSTRAK
Marlin Abdullah. NIM. 151 408 134. “Meningkatkan Keterampilan Memerankan Drama Melalui Model Role Playing Pada Siswa Kelas III SDN No. 31 Kota Selatan Kota Gorontalo”. Skripsi Program Studi S-I PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. 2012.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah keterampilan memerankan drama dapat ditingkatkan melalui model role playing pada siswa kelas III SDN No. 31 Kota Selatan Kota Gorontalo ? Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan memerankan drama melalui model role playing pada siswa kelas III SDN No. 31 Kota Selatan Kota Gorontalo.
Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil pelaksanaan tindakan yang dicapai pada siklus I belum menunjukan hasil yang diharapkan, karena siswa yang terampil berjumlah 15 siswa atau 62.5%. sedangkan siswa yang belum terampil berjumlah 9 siswa atau 37.5%. untuk itu diadakan lagi tindakan ke siklus II, ternyata pada siklus II siswa yang terampil mengalami peningkatan yaitu menjadi 20 siswa atau 83.33% dan siswa yang belum terampil berjumlah 4 siswa atau 16.67% dari jumlah siswa 24 orang yang dikenai tindakan.
Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa keterampilan memerankan drama dapat ditingkatkan melalui model role playing pada siswa kelas III SDN No. 31 Kota Selatan Kota Gorontalo.
Kata Kunci: Keterampilan, drama, role playing
Download berkas