Penulis / NIM
MARNI LAHAY / 151408135
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstrak
ABSTRAK
Marni Lahay. 2012. “Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan
Sederhana Melalui Gambar Seri Pada Siswa Kelas III Pada Mata Pelajaran
Bahasa Indonesia Kelas III SDN 17 Kota Barat Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri
Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hawa Pattiiha, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II
Dra. Hj. Salma Halidu S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan
kemampuan menulis karangan sederhana melalui gambar seri . Adapun tujuan
dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan pada
siswa kelas III SDN 17 Kota Barat Kota Gorontalo. Tehnik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes perbuatan,
dan dokumentasi foto.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
tindakan kelas (PTK) dengan tujuan mendeskripsikan keadaan atau fenomena
yang terjadi dengan fokus permasalahan yang menyangkut kemampuan siswa
menulis karangan sederhana melalui gambar seri pada siswa kelas III SDN 17
Kota Barat Kota Gorontalo.
Hasil yang diperoleh setelah dilaksanakan penelitian ini yang dicapai
siswa pada siklus I belum menujukan hasil yang diharapkan. Sebab dari 22 siswa
yang belum mampu 8 orang atau 36%. Tindakan pada siklus II sudah mencapai
target dari 22 siswa yang mampu 16 orang atau 72%. Disimpulkan dari hasil
penelitian bahwa dengan menggunakan gambar seri dalam kemampuan menulis
karangan sederhana pada pembelajaran bahasa Indonesia telah menujukan hasil
baik sesuai indicator yang diharapkan.
Kata Kunci : Kemampuan menulis karangan sederhana, gambar seri.
viii
Download berkas