Penulis / NIM
MASRIN AHMAD / 151408140
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ABSTRAK
Masrin Ahmad. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Konsep Gaya Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Motilango Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abd. Haris PanaI, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd. M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Motilango Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo pada materi tentang konsep gaya, hal ini dikarenakan kurang optimalnya penggunaan metode dalam penyajian materi. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang konsep gaya melalui metode eksperimen pada siswa kelas IV SDN 2 Motilango Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. Hipotesis tindakan pada penelitian ini adalah, jika digunakan metode eksperimen maka hasil belajar siswa tentang konsep gaya akan meningkat. Hasil analisis data menunjukan bahwa pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 10 siswa atau 45.45%. sedangkan siswa yang belum tuntas sebanyak 12 siswa atau 54,54%. Sementara itu, pada siklus II hasil ini meningkat menjadi yang tuntas sebanyak 18 siswa atau 81.81% sedangkan yang belum tuntas 4 siswa atau 18.19%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Motilango Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Eksperimen, Gaya
ABSTRACT
Masirin Ahmad. 2012. Increase result learn about concept force trough method exsperiment on student class IV SDN 2 Motilango Tibawa disrict Gorontalo regency. Skripsi Study Program Of Primary School Teacher Education. Faculty Of Education. Gorontalo State University. Supervisor I Prof. Dr. H. Abd. Haris PanaI S,Pd, M.Pd, and supervisor II Drs. Djotin Mokoginta S,Pd, M.Pd.
Research This backgroud by low result learn student class IV SDN 2 Motilango Tibawa disrict Gorontalo regency. On material about style, case this because less optimum for method in presentation materal. Proposes Research to increase result learn about concept force trough method experiment on student class IV SDN 2 Motilango Tibawa disrict Gorontalo regency. Hypothesis action if beused method experikment then result learn student above concept style will increase. Result analyss date show that cycle 1 Studet which complete as much as 10 student or 45,54 %.while student which not yet complete as much as 12 student or 54,54 % while it. On cycle II Result thi increase be whicg complete as much as 18 student or 81,81% while which complete 4 studet or 18.19%. with so can concluded that method experiment can increase result learn student class IV SDN 2 Motilango Tibawa disrict Gorontalo regency.
Keyword : Result, Learn, Method, experiment, Force
Download berkas