Penulis / NIM
MASTIN DIMUTULO / 151408141
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
MASTIN DIMUTULO. NIM. 151 408 041. Meningkatkan pemahaman siswa pada pelajaran PKn dengan model Out And In Cycle di Kelas 4 MIM Tapadaa Biyonga Kabupaten Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1. Dra. Elmia Umar, M.Pd dan Pembimbing 2. Samsi Pomalingo, S.Ag, M.A
Permasalahan yang ada di MIM Tapadaa Biyonga Kabupaten Gorontalo adalah rendahnya pemahaman siswa pada pelajaran PKn. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa pada pelajaran PKn dengan model Out And In Cycle di Kelas 4 MIM Tapadaa Biyonga Kabupaten Gorontalo
Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Metode ini digunakan dengan maksud untuk memberikan gambaran terhadap keadaan peningkatan pemahaman siswa pada pelajaran PKn dengan model Out And In Cycle di Kelas 4 MIM Tapadaa Biyonga Kabupaten Gorontalo
Dari hasil penelitian dapat digambarkan bahwa peningkatan pemahaman siswa pada pelajaran PKn dengan model Out And In Cycle, di mana pada observasi awal kemampuan membaca siswa 47.6% meningkat menjadi 66% pada siklus I, 83% pada siklus II.
Melihat keberhasilan pada penelitian ini, maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “Jika guru menggunakan model Out And In Cycle, maka pemahaman siswa pada pelajaran PKN di kelas 4 MIM Tapadaa Biyongan Kabupaten Gorontalo akan meningkat, dapat diterima”.
Kata Kunci : Pemahaman Siswa, Model Out and In Cycle
Download berkas