Penulis / NIM
MAYASRI ABDUL / 151408142
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
v
ABSTRAK
MAYASRI ABDUL, NIM. 151 408 142 “Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa
Pada Materi Kebudayaan Indonesia Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Di
Kelas IV SDN 1 Lupoyo Kecamatan Telaga Biru.” Suatu penelitian Tindakan Kelas,
Skripsi, Gorontalo, Program S1 PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri
Gorontalo, 2012.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah pemahaman belajar siswa
pada materi Kebudayaan Indonesia melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD di
kelas IV SDN 1 Lupoyo Kecamatan Telaga Biru dapat ditingkatkan. Adapun tujuan
penelitian adalah untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa pada materi
Kebudayaan Indonesia melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas IV SDN
1 Lupoyo Kecamatan Telaga Biru. Sementara teknik analisis data yang digunakan
yaitu deskriptif kualitatif.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas, dimana tindakan
penelitian dihentikan jika telah tercapai kriteria ketuntasan belajar sebesar 75% dari
jumlah keseluruhan subyek penelitian dengan rata-rata skor lebih dari 65. Subyek
dalam penelitian ini adalah 24 siswa kelas IV SDN 1 Lupoyo Kecamatan Telaga Biru
Tahun pelajaran 2011-2012. Pemahaman siswa diukur berdasarkan kriteria
ketuntasan belajar perorangan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa perolehan hasil penilaian dengan
pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan pemahaman siswa pada
materi kebudayaan Indonesia di kelas IV SDN 1 Lupoyo Kecamatan Telaga Biru
yang berjumlah 24 dilakukan berdasarkan hasil catatan peneliti. Pada siklus 2
menjadi lebih baik dari pada siklus 1, hasil penelitian menunjukan bahwa
pelaksanaan siklus 2 ini pemahaman siswa telah mengalami peningkatan, hal ini
dapat dilihat dari persentase ketercapaian pemahaman siswa pada siklus I hanya 67%
sedangkan pada siklus II mencapai 87,5%. Selain itu, pembelajaran kooperatif tipe
STAD ini juga dapat mempererat hubungan kerja sama antar siswa.
Kesimpulan dari hasil penelitian bahwa dengan menggunakan model STAD
pemahaman belajar siswa pada pembelajaran IPS materi kebudayaan Indonesia
mengalami peningkatan yang baik.
Kata kunci: Pemahaman belajar siswa, kebudayaan Indonesia, Model STAD
Download berkas