Penulis / NIM
MEGAWATI MOKOAGOW / 151408143
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Pembimbing 2 / NIDN
Dra PERTIWI LABORO, M.Pd / 0011125404
Abstrak
ABSTRAK
Megawati Mokoagow. 2012. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Model Make A Match pada siswa kelas II SDN No 28 Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Wiwy Triyanty Pulukadang S.Pd M.Pd dan pembimbing II Dra. Hj. Pertiwi Laboro M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini yakni: Apakah dengan menggunakan model Make A Match dapat meningkatkan kemampuan siswa membaca permuaan di kelas II SDN No 28 Kota Selatan Kota Gorontalo? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui model Make A Match pada siswa kelas II SDN No 28 Kota Selatan Kota Gorontalo.
Berdasarkan pengertian membaca melalui model Make A Match, maka metode penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu menggambarkan apa adanya dengan teknik analis data secara kualitatif tentang observasi dan wawancara dan analis data secara kuantitatif yakni memberikan ceklis , nilai, dijumlahkan dan dipresentasekan untuk mencari rata-rata. Hasil penelitian tindakan yang dianalisis berdasarkan siklus I dan siklus II telah menjadi peningkatan yakni dari 59,09% meningkat menjadi 90%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model Make A Match kemampuan siswa membaca permulaan pada siswa kelas II SDN No.28 Kota Selatan Kota Gorontalo meningkat.
Kata Kunci: Kemampuan, Membaca Permulaan, Model Make A Match
Download berkas