Penulis / NIM
MELAWATI SILOGU / 151408147
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Melawati Silogu. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menjawab Pertanyaan Melalui Teks Bacaan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Make a Match di kelas V SDN NO 83 Kota Tengah, Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd dan Pembimbing II Wiwy. Triyanty. Pulukadang, S.Pd, M.Pd
Masalah dalam penelitian ini dirumuskan “ Apakah Hasil Belajar Siswa Menjawab Pertanyaan Melalui Teks Bacaan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match di Kelas V SDN No 83 Kota Tengah Kota Gorontalo Dapat Meningkat ?’’. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa menjawab pertanyaan melalui teks bacaan dengan menggunakan model pembelajaran make a match di kelas V SDN NO 83 Kota Tengah Kota Gorontalo.
Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 83 Kota Tengah Kota Gorontalo pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan teks bacaan tahun pelajaran 2011/2012. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dari 56,25% menjadi 87,5% atau rata-rata kelas 65,62 menjadi 8,06.
Kesimpulan penelitian ini bahwa hasil belajar siswa menjawab pertanyaan melalui teks bacaan dengan menggunakan model pembelajaran make a match di kelas V SDN No 83 Kota Tengah Kota Gorontalo dinyatakan efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Teks Bacaan, Model Pembelajaran Make a Match
Download berkas