SKRIPSI

Penulis / NIM
MERIYANTI Y KARIM / 151408150
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
ABSTRAK Meriyanti Y. Karim. NIM. 151 408 150. “Meningkatkan Kemampuan Membaca Kalimat Sederhana Melalui Model Exampel dan Non Exampel di Kelas III SDN 3 Dungaliyo”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hawa Pattiiha, S.Pd, M.Pd, dan pembimbing II Hj. Sumarni Mohammad, S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah dalam peneitian ini Apakah kemampuan membaca kalimat sederhana, akan meningkat melalui model exampel dan non exampel di kelas III SDN 3 Dungaliyo?. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca kalimat sederhana melalui model exampel dan non exampel di kelas kelas III SDN 3 Dungaliyo. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Metode ini digunakan dengan maksud untuk memberikan gambaran terhadap keadaan peningkatan kemampuan membaca kalimat sederhana melalui model exampel dan non exampel di Kelas III SDN 3 Dungaliyo. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data maka dapat diketahui terjadi peningkatan rata-rata kemampuan membaca kalimat sederhana dengan menggunakan model exampel dan non exampel pada obsevasi awal diperoleh bahwa kemampuan siswa dalam membaca kalimat sederhana masih rendah baik, setelah diadakan tindakan pada siklus I terjadi peningkatan kemampuan siswa membaca kalimat sederhana yakni dari 20 orang siswa, yang memiliki kemampuan adalah sebanyak 11 orang siswa dan yang tidak mampu adalah sebanyak 9 orang siswa , selanjutnya pada pelaksanaan tindakan siklus II terjadi peningkatan kemampuan siswa membaca kalimat sederhana, yakni dari 20 orang siswa, yang memiliki kemampuan membaca kalimat sederhana adalah sebanyak 17 orang siswa dan yang tidak mampu adalah sebanyak 3 orang siswa. Dengan demikian, maka Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada mata Bahasa Indonesia materi membaca di kelas III SDN 3 Dungaliyo dengan menerapkan model exampel dan non exampel terbukti mampu meningkatkan kemampuan membaca kalimat sederhana siswa, maka Sehingga hipotesis yang berbunyi: “Jika guru menggunakan model exampel dan non exampel, maka kemampuan membaca kalimat sederhana di kelas III SDN 3 Dungaliyo dapat ditingkatkan, terbukti” Kata Kunci: Membaca Kalimat Sederhana dan Model Exampel dan Non Exampel
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011