Penulis / NIM
MESTIN I MOOPIYO / 151408151
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK
Mestin I. Moopiyo. Nim. 151 408 563, Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Hak dan Kewajiban Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Di kelas I SD Laboratorium UNG Kota Selatan. Dibimbing oleh Dra. Elmia Umar, M.Pd selaku pembimbing I dan Nurhayati Tine, S.PdI.M.HI selaku Pembimbing II.
Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi hak dan kewajiban melalui model make a match. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) artinya peneliti melakukan pelaksanaan tindakan pembelajaran secara langsung kepada objek penelitian dengan meningkatkan pemahaman siswa kelas I pada materi hak dan kewajiban melalui model make a match.
Untuk memperoleh data yang diinginkan dan sesuai dengan kepentingan penjelasan maka penulis menggunakan tehnik pengumpulan data melalui observasi kegiatan belajar mengajar pada setiap siklus dan dari hasil penilaian pemahaman belajar siswa pada setiap siklus.
Berdasarkan hasil pengelohan data penelitian diperoleh hasil pemahaman pada siklus I untuk aspek memahami konsep dicapai oleh 10 siswa atau 35,7%. Aspek ketepatan memasangkan gambar dan menceritakan isi gambar sama-sama dicapai oleh siswa sebanyak 53,6% serta aspek yang keempat yaitu kerjasama dicapai oleh siswa sebanyak 60,7%. Sedangkan pada siklus II untuk aspek pertama memahami konsep dicapai oleh siswa sebanyak 82,2% atau 23 orang, aspek kedua dan keempat mengalami peningkatan yang sangat signifikan yaitu 100% dicapai oleh keseluruhan siswa dan aspek ketiga mencapai 85,7% atau 24 orang. Hal ini menunjukkan bahwa dengan penggunaan model make a match pemahaman siswa terhadap materi hak dan kewajiban meningkat.
Kata Kunci: Pemahaman siswa, hak dan kewajiban, model make a match.
Download berkas