Penulis / NIM
MEYKE RAHMAN / 151408152
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK
Meyke Rahman. Nim. 151408152. 2012. Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian Bilangan Cacah Melalui Media Kartu Angka Pada Siswa Kelas II SD Laboratorium UNG Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd. dan Pembimbing II Dra. Samsiar RivaI, S.Pd M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini bahwa “Apakah pemahaman konsep perkalian bilangan cacah dapat ditingkatkan melalui media kartu angka pada siswa kelas II SD Laboratorium UNG Kota Selatan Kota Gorontalo?.” Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep perkalian bilangan cacah di kelas II SD Laboratorium UNG Kota Selatan Kota Gorontalo melalui media kartu angka.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian yang dilaksanakan pada siklus I menunjukkan 7 orang siswa atau 39 % yang paham, sedangkan 11 orang atau 61 % belum paham. Pada siklus II meningkat menjadi 16 orang siswa atau 89 % yang paham sedangkan 2 orang atau 11 % belum paham.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media kartu angka pemahaman konsep perkalian bilangan cacah pada siswa kelas II SD Laboratorium UNG Kota Selatan Kota Gorontalo meningkat.
Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Perkalian, Bilangan Cacah, Media Kartu Angka.
ABSTRACT
Meyke Rahman. Nim. 151408152. 2012. Improve Census Numbers Multiplication Concept Understanding Through Media Card Numbers In elementary school class II Laboratory UNG southern city of Gorontalo city. Thesis. Primary School Teacher Education Department, Faculty of Education, State University of Gorontalo. Adviser I Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd. dan Adviser II Dra. Samsiar RivaI, S.Pd M.Pd
Problems in this study that "Whether understanding the concept of multiplication of natural numbers can be increased through the media card numbers in grade II SD Laboratory UNG Gorontalo City South City". This study aims to improve understanding of the concept of multiplication of natural numbers in the class II SD South City Laboratory UNG Gorontalo city through the Media Card Numbers.
The method used in this study is the method of classroom action research conducted in two cycles. Results of research conducted on a cycle of 7 people I showed the students who obtained 38.88% complete criteria. In the second cycle increased to 16 students or 88.88% completed indicator criterion is reached.
It can be concluded that by using a media card numbers understanding of the concept of natural numbers multiplication in grade II SD South City Laboratory UNG Gorontalo city increased.
Key Words: Understanding Concepts, Multiplication, Numbers Count, Media Card Numbers.
Download berkas