SKRIPSI

Penulis / NIM
MIRJAN MALANUA / 151408156
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
Mirjan Malanua. Nim. 151 408 156. Meningkatkan hasil belajar siswa tentang sumber daya alam melalui pendekatan kontekstual di kelas IV SDN 2 Molopatodu Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo. SKRIPSI. Jurusan Pendidikn Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. 2012. Permasalahan dalam penelitian ini Apakah hasil belajar siswa tentang sumber daya alam dapat ditingkatkan melalui pendekatan kontekstual di kelas IV SDN 2 Molopatodu Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo?. Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang sumber daya alam di kelas IV SDN 2 Molopatodu Kecamatan Bongomeme kabupaten Gorontalo melalui pendekatan kontekstual. Hasil analisis data menunjukan ada peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Molopatodu Kecamatan Bongomeme kabupaten Gorontalo pada pembelajaran IPA tentang sumber daya alam dari siklus ke siklus. Hal tersebut ditunjukan oleh hasil belajar siswa pada setiap siklus. Pada siklus I Dari 15 orang keseluruhan jumlah siswa, terdapat 6 orang siswa yang yang memperoleh nilai 75 keatas atau sebanyak 40 %. Pada siklus II sudah mengalami peningkatan yakni dari 15 orang keseluruhan jumlah siswa, yang memperoleh nilai 75 ke atas berjumlah 14 orang atau 93 % Dengan demikian, hal ini sudah memenuhi indikator kinerja dalam penelitian ini yaitu Untuk hasil belajar siswa minimal 75 % dari seluruh siswa yang dikenai tindakan memperoleh nilai 75 ke atas pada materi sajian dengan daya serap mencapai 75 % Simpulan dari Penelitian ini adalah media lingkungan sangat baik digunakan dalam pembelajaran IPA tentang sumber daya alam di kelas IV. Hal tersebut ditunjukan oleh hasil-hasil yang diperoleh pada siklus I sampai II yang memperlihatkan peningkatan yang cukup baik. Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendekatan Kontekstual
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011