Penulis / NIM
MOHAMAD RIZAL MA'ARUF / 151408159
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
Rizal Ma’ruf, 2012. Meningkatkan Kemampuan Siswa Meringkas Cerita
Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Di Kelas V SDN 28 Kota
Selatan Kota Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontao, Tahun 2012.
Pembimbing I Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd dan Pembimbing II Hj. Sumarni
Mohamad, S.Pd, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini dirumuskan “ Apakah kemampuan siswa meringkas
cerita akan meningkat dengan menggunakan model pembelajaran tipe STAD ?’’.
Tujuan penelitian ini untuk Meningkatkan Kemampuan Meringkas Cerita Dengan
Menggunakan Model Pemblajaran Kooperatif Tipe STAD Di Kelas V SDN 28
Kota Selatan Kota Gorontalo.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat diperoleh hasil penilaian pada siklus I tentang
kemampuan meringkas cerita siswa kelas V SDN 28 Kota Selatan Kota Gorontalo
dalam pembelajaran bahasa Indonesia hanya mencapai 68,33% dari jumlah siswa
23 orang. Sementara pada siklus II mencapai 84,33% dari jumlah siswa 23 orang.
Berdasarkan hasil capaian tersebut, kemampuan meringks cerita dalam
pembelajaran bahasa Indonesia melalui kooperatif tipe STAD meningkat 15,00%.
Dapat disimpulkan bahwa siswa kelas V SDN 28 Kota Selatan Kota Gorontalo
dalam kemampuan meringkas cerita dapat ditingkatkan dengan menggunakan
model kooperatif tipe STAD.
Kata Kunci : Meringkas, kooperatif Tipe STAD.
Download berkas