SKRIPSI

Penulis / NIM
MOHAMAD RIZAL MA'ARUF / 151408159
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
Rizal Ma’ruf, 2012. Meningkatkan Kemampuan Siswa Meringkas Cerita Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Di Kelas V SDN 28 Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontao, Tahun 2012. Pembimbing I Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd dan Pembimbing II Hj. Sumarni Mohamad, S.Pd, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini dirumuskan “ Apakah kemampuan siswa meringkas cerita akan meningkat dengan menggunakan model pembelajaran tipe STAD ?’’. Tujuan penelitian ini untuk Meningkatkan Kemampuan Meringkas Cerita Dengan Menggunakan Model Pemblajaran Kooperatif Tipe STAD Di Kelas V SDN 28 Kota Selatan Kota Gorontalo. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diperoleh hasil penilaian pada siklus I tentang kemampuan meringkas cerita siswa kelas V SDN 28 Kota Selatan Kota Gorontalo dalam pembelajaran bahasa Indonesia hanya mencapai 68,33% dari jumlah siswa 23 orang. Sementara pada siklus II mencapai 84,33% dari jumlah siswa 23 orang. Berdasarkan hasil capaian tersebut, kemampuan meringks cerita dalam pembelajaran bahasa Indonesia melalui kooperatif tipe STAD meningkat 15,00%. Dapat disimpulkan bahwa siswa kelas V SDN 28 Kota Selatan Kota Gorontalo dalam kemampuan meringkas cerita dapat ditingkatkan dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD. Kata Kunci : Meringkas, kooperatif Tipe STAD.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011