Penulis / NIM
						MOHAMAD IRSAL BIGA / 151408161
						Program Studi
						S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
						Pembimbing 1 / NIDN
						ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
						Pembimbing 2 / NIDN
						Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
						Abstrak
						ABSTRAK
Moh.Irsal Biga, 2012 “Meningkatkan Kemampuan Menjumlah Bilangan Cacah
Melalui Media Kantong Angka Pada Siswa Kelas III SDN 1   Suwawa Selatan
Kabupaten   Bone   Bolango   Tahun   Pelajaran   2011/2012”.   Skripsi.   Jurusan
Pendidikan  Guru  Sekolah  Dasar  Fakultas  Ilmu  Pendidikan  Universitas  Negeri
Gorontalo,   Pembimbing   I   Ismail   Pioke,   S.Pd,M.Pd   dan   Pembimbing   II
Dra.Samsiar Rivai, S.Pd,M.Pd.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan mengunakan media
kantong angka dapat meningkatkan kemampuan menjumlah bilangan cacah pada
siswa kelas III SDN I Suwawa Selatan Kabupaten Bone Bolango? Adapun tujuan
penelitian  adalah  untuk  meningkatkan  kemampuan  menjumlah  bilangan  cacah
melalui  media  kantong  angka  pada  siswa  kelas  III  SDN  I  Suwawa  Selatan
Kabupaten Bone Bolango. Metode penelitian adalah metode penelitian tindakan
kelas terhadap peningkatan kemampuan menjumlah bilangan cacah melalui media
kantong angka, dan subjek dalam penelitian ini adalah 19 orang siswa kelas III
SDN 1 Suwawa Selatan Kabupaten Bone Bolango. Untuk memperoleh data yang
diinginkan dan sesuai dengan kepentingan penjelasan maka penulis menggunakan
tehnik pengumpulan data melalui data hasil observasi, dan tes tertulis kegiatan
belajar mengajar pada setiap siklus.
Hasil  penelitian  pada  siklus  I  dapat  diketahui  bahwa,  dari  19  siswa  yang
dikenakan tindakan untuk hasil capaian siswa mencapai nilai 65 ke atas nampak
hanya 14 orang atau 73,7% mampu menjumlah bilangan cacah dan siswa yang
mencapai  nilai  kurang  dari  65  berjumlah  5  orang  atau  26,3  %  tidak  mampu
menjumlah  bilangan  cacah.  Sedangkan  untuk  tindakan  pembelajaran  siklus  II,
siswa  mencapai  nilai  65  ke  atas  berjumlah  17  orang  atau  89,5  %  mampu
menjumlah  bilangan  cacah  dan  siswa  yang  mencapai  nilai  kurang  dari  65
berjumlah 2 orang atau 10,5 %  tidak mampu menjumlah bilangan cacah.
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus
dapat   disimpulkan   bahwa   dengan   mengunakan   media	Kantong   Angka
kemampuan  menjumlah  bilangan  cacah  pada  siswa  kelas  III  SDN  1  Suwawa
Selatan Kabupaten Bone Bolango meningkat.
Kata kunci: Kemampuan, Menjumlah, Bilangan Cacah, Media, Kantong Angka
						Download berkas