SKRIPSI

Penulis / NIM
MUALIF MURTADHO / 151408162
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Abstrak
ABSTRAK Mualif Murtadho. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Lingkungan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) Di Kelas IV SDN 28 Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1-PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Drs. Ahmad Lamusu, M.Pd Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Siswa kelas IV SDN 28 Kota Selatan Kota Gorontalo yang menjadi subjek dalam penelitian ini berjumlah 23 orang yang terdiri dari 9 orang siswa putra dan 13 siswa putri. Kriteria keberhasilan penelitian ini adalah (1) minimal 75% dari seluruh aspek kegiatan guru dan siswa yang diamati mencapai target (2) minimal 85% siswa yang dikenai tindakan memperoleh nilai 6,9 ke atas dengan daya serap rata-rata 69%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pengunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 28 Kota Selatan Kota Gorontalo tahun pelajaran 2011/2012 pada pelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dari 69,57% menjadi 91,31% atau rata-rata kelas 7,413 menjadi 8,543. Berdasarkan data hasil penelitian tersebut, maka hipotesis tindakan teruji kebenarannya, yaitu “jika guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT), maka hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan di SDN 28 Kota Selatan Kota Gorontalo akan meningkat”. Kata kunci: Hasil Belajar Siswa, Perubahan Lingkungan, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT)
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011