Penulis / NIM
MUN A SINO / 151408164
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK
MUN A. SINO. NIM. 151 408 164. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Materi Kedudukan Dan Peran Anggota Keluarga Melalui Number Head Together Pada Siswa Kelas II SDN 1 Lupoyo Kecamatan Telaga Biru. Skripsi. Program Studi S1 PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo 2012.
Masalah yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah Apakah hasil belajar siswa pada materi kedudukan dan peran keluarga di kelas II SDN 1 Lupoyo Kecamatan Telaga Biru dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran Number Head Together. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi kedudukan dan peran anggota keluarga melalui model Number Head Together pada siswa kelas II SDN 1 Lupoyo Kecamatan Telaga Biru. Sementara teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar, siswa yang memperoleh nilai di atas 65 berjumlah 25 orang atau sekitar 83% sedangkan siswa yang memperoleh nilai di bawah 65 berjumlah 5 orang atau sekitar 17%. Jika dibandingkan dengan hasil belajar siswa pada siklus I, ini berarti ada kenaikan 20% dari 63% pada siklus I, ke 83% pada siklus II.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran number head together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kedudukan dan peran anggota keluarga.
Kata kunci: Hasil belajar siswa, model number head together, kedudukan dan peran anggota keluarga.
Download berkas