Penulis / NIM
NANI IRMA IBRAHIM / 151408166
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK
Nani Irma Ibrahim. 2014, Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyusun Paragraf Berdasarkan Gambar Melalui Model Numbered Head Together di Kelas III SDN No. 88 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah kemampuan siswa menyusun paragraf berdasarkan gambar dapat ditingkatkan melalui Model Numbered Head Together di kelas III SDN No. 88 Kota Tengah Kota Gorontalo?" Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menyusun paragraf berdasarkan gambar melalui model Numbered Head Together di kelas III SDN No. 88 Kota Tengah Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus di Kelas III SDN No. 88 Kota Tengah Kota Gorontalo. Tehnik Pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi aktivitas guru dan siswa, wawancara, tes, dan dokumentasi.
Pada pelaksanaan observasi awal yang mampu 9 orang (39.87%) sedangkan yang belum mampu 14 orang (60.13%). Setelah dilaksanakan tindakan kelas siklus I siswa yang mampu berjumlah 10 orang (43.48%), sedangkan yang belum mampu masih berjumlah 13 orang (56.52%). Setelah dilaksanakan tindakan kelas siklus II jumlah siswa yang mampu meningkat menjadi 21 orang (91.30%) sedangkan yang belum mampu berjumlah 2 orang (8.70%). Kesimpulan bahwa dengan menggunakan Model Numbered Head Together dalam menyusun paragraf berdasarkan gambar di kelas III SDN No. 88 Kota Tengah Kota Gorontalo meningkat.
Kata Kunci: Menyusun Paragraf Berdasarkan Gambar, Model Numbered HeadTogether.
Download berkas