SKRIPSI

Penulis / NIM
NIRMALA SULEMAN / 151408169
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK Nirmala. 2012. Meningkatkan Keterampilan Siswa Membaca Wacana Melalui Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) di kelas IV SDN No.14 Kabila Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Hj. Sumarni Mohamad. S.Pd. M.Pd dan Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun. M. Pd. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah dengan menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), keterampilan membaca wacana pada siswa kelas IV SDN 14 Kabila Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa membaca wacana melalui model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) di kelas IV SDN No 14 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan materi membaca wacana. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I terdapat 21 siswa atau 68% yang sudah memahami membaca wacana. Ini berarti belum mencapai indikator kinerja yakni 77%, sehingga diadakan tindak lanjut ke siklus II. Pada siklus II terdapat 25 siswa atau 81% yang telah paham membaca wacana. Dengan demikian indikator kinerja telah tercapai dan pembelajaran dianggap tuntas. Disimpulkan bahwa model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) meningkatkan keterampilan siswa membaca wacana di kelas IV SDN No.14 Kabila Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango. Kata Kunci : Membaca Wacana dan Model Pembelajaran CIRC ABSTRACT Nirmala. Of 2012. Students Improve Reading Skills Through the Discourse Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) in the fourth grade Eleme- ntary School District . 14 Kabila Kabila of Bone Bolango. Thesis. S1 program of study Primary School Teacher Education, Elementary School Teacher Education Department, Faculty of Education, State University of Gorontalo. Mentors I Hj. Sumarni Mohamad. S.Pd. Supervisor II M.Pd and Dra. Ratnarti Pahrun. M. Pd. Problems in this study is whether to use a model of Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), the discourse on the reading skills of fourth grade students of SDN 14 District Kabila Kabila of Bone Bolango be increased. This study aims to improve students' reading skills through the discourse model of Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) in the fourth grade Elementary School District No. 14 Kabila Bone Bolango. The method used in this study is a qualitative descriptive method. The research was conducted in two cycles with reading material discourse. This type of study is classroom action research. The results showed that the cycle I have 21 students or 68% who read a discourse is understood. This means that performance indicators have not yet reached 77%, so it held a follow-up to the second cycle. In the second cycle there are 25 students or 81% who read a discourse has been understood. Thus the performance indicators have been met and learning is considered complete. Concluded that the model of Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) to increase students' reading skills in the classroom discourse Kabila IV Elementary School District 14 Regency Bone Bolango Kabila. Keywords: Reading Learning and Model CIRC
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011