Penulis / NIM
NIRMAYANTI I. TALALU / 151408170
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
Nirmayanti I. Talalu. NIM. 151 408 170. Meningkatkan Pemahaman Siswa
Melalui Model Group investigation Pada Materi Jenis - Jenis Pekerjaan di kelas
III SDN 1 Ilomangga Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo. Skripsi,
Gorontalo Jurusan PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri
Gorontalo, 2012.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan Model
Group investigation dapat meningkatkan pemahaman siswa Pada Materi Jenis -
Jenis Pekerjaan di kelas III SDN 1 Ilomangga Kecamatan Tabongo Kabupaten
Gorontalo. Tujuan penelitian untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang
Materi Jenis – Jenis pekerjaan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan
kelas untuk memberikan gambaran terhadap keadaan peningkatan pemahaman
siswa terhadap Materi Jenis – Jenis pekerjaan. Data-data dikumpulkan melalui
lembar observasi berupa lembar pengamatan kegiatan siswa, dan teks evaluasi
belajar siswa untuk mengukur tingkat pemahaman siswa dan kebehasilan
penelitian.
Hasil penelitian siklus I dari 23 orang siswa di peroleh 13 orang siswa yang tuntas
dengan prosentase 56.52 % dan 10 orang siswa yang belum tuntas atau 43.48 %.
Kemudian pada siklus II pemahaman siswa meningkat menjadi 21 orang siswa
yang tuntas dengan prosentase 91.30 %.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah dengan menggunakan Model Group
investigation pada materi jenis-jenis pekerjaan, pemahaman Siswa kelas III SDN 1
Ilomangga Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo meningkat.
Kata kunci : Pemahaman, Jenis-Jenis Pekerjaan, Model Group investigation.
Download berkas