Penulis / NIM
NIRWAN HUSAIN / 151408171
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ABSTRAK
Nirwan Husain. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sumber
Daya Alam Dan Teknologi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif
tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Siswa Kelas IV SDN 30 Kota Selatan
Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Prof. Dr. H Abdul Haris PanaI, S.Pd,
M.Pd sebagai dosen pembimbing I, dan Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd
sebagai dosen pembimbing II.
Masalah penelitian ini adalah “Apakah hasil belajar siswa pada
pembelajaran sains dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT)?....“ sedangkan tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi Sumber
Daya Alam dan teknologi di kelas IV SDN No. 30 Kota Selatan Kota Gorontalo
melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together
(NHT). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan
siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada penelitian tindakan siklus I,
diperoleh hasil dari 29 orang siswa, yang memperoleh nilai 75 ke atas berjumlah
11 orang atau 37,93 % dan yang memperoleh nilai di bawah 75 berjumlah 18
orang atau 62 %, dengan daya serap 67,93 %. Dengan demikian indikator kinerja
belum tercapai, sehingga diadakan tindak lanjut ke siklus II. Pada pelaksanaan
tindakan siklus II, diperoleh data hasil belajar siswa yaitu dari 29 orang siswa,
yang memperoleh nilai 75 ke atas berjumlah 27 orang atau 93,10 % dan yang
memperoleh nilai di bawah 75 berjumlah 2 orang atau 6,89 % dengan daya serap
mencapai 93,44 %. Ini berarti penelitian yang dilaksanakan dapat dinyatakan
berhasil sesuai dengan indikator kinerja yang ditetapkan yaitu pembelajaran
dianggap tuntas apabila minimal 75 % atau 24dari 29 jumlah siswa memperoleh
nilai 75 ke atas, dengan daya serap yang diperoleh siswa minimal 75 %.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran kooperatif tipe
Numbered Head Together (NHT) pada materi sumber daya alam teknologi di
kelas IV SDN No.30 Kota Selatan Kota Gorontalo dapat meningkatkan hasil
belajar siswa secara efektif.
Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head
Together (NHT)
Download berkas