SKRIPSI

Penulis / NIM
NIRWAN HUSAIN / 151408171
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ABSTRAK Nirwan Husain. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sumber Daya Alam Dan Teknologi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Siswa Kelas IV SDN 30 Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Prof. Dr. H Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd sebagai dosen pembimbing I, dan Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd sebagai dosen pembimbing II. Masalah penelitian ini adalah “Apakah hasil belajar siswa pada pembelajaran sains dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT)?....“ sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi Sumber Daya Alam dan teknologi di kelas IV SDN No. 30 Kota Selatan Kota Gorontalo melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada penelitian tindakan siklus I, diperoleh hasil dari 29 orang siswa, yang memperoleh nilai 75 ke atas berjumlah 11 orang atau 37,93 % dan yang memperoleh nilai di bawah 75 berjumlah 18 orang atau 62 %, dengan daya serap 67,93 %. Dengan demikian indikator kinerja belum tercapai, sehingga diadakan tindak lanjut ke siklus II. Pada pelaksanaan tindakan siklus II, diperoleh data hasil belajar siswa yaitu dari 29 orang siswa, yang memperoleh nilai 75 ke atas berjumlah 27 orang atau 93,10 % dan yang memperoleh nilai di bawah 75 berjumlah 2 orang atau 6,89 % dengan daya serap mencapai 93,44 %. Ini berarti penelitian yang dilaksanakan dapat dinyatakan berhasil sesuai dengan indikator kinerja yang ditetapkan yaitu pembelajaran dianggap tuntas apabila minimal 75 % atau 24dari 29 jumlah siswa memperoleh nilai 75 ke atas, dengan daya serap yang diperoleh siswa minimal 75 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada materi sumber daya alam teknologi di kelas IV SDN No.30 Kota Selatan Kota Gorontalo dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara efektif. Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT)
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011