Penulis / NIM
NOVRIANTO HASBI / 151408181
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Novrianto Hasbi, 2015. "Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas VI SD Al Huda Kota Selatan Kota Gorontalo". Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Djotin Mokoginta, S.Pd.M.Pd, Pembimbing II: Meylan Saleh, S.Pd. M.Pd
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD Pada mata pelajaran IPA di kelas VI SD Al Huda Kota Selatan Kota Gorontalo? Tujuan yang diharapkan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran IPA di kelas VI SD Al Huda Kota Selatan Kota Gorontalo, dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini merupakan data yang di dapatkan dari hasil wawancara dengan narasumber dimana dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD mempunyai efek terhadap keberhasilan siswa. Hal ini ditunjukkan dengan antusias siswa dalam belajar kelompok. Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD, sangatlah menunjang bagi keberhasilan siswa dalam belajar. Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan solusi untuk mencapai sasaran pembelajaran yang memuaskan. Maka dari itu analisis hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan efefktivitas model pembelajaran kooperatif tipe STAD memungkinkan siswa belajar dengan aktif sehingga hasil belajar di kelas VI SD Alhuda Kota Selatan Kota Gorontalo dapat tercapai.
Kata Kunci: Efektivitas, Kooperatif Tipe STAD
Download berkas