Penulis / NIM
NUR AFNI AYUNI / 151408182
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Abstrak
Nur Afni Ayuni. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi
Perkembangan Teknologi Transportasi Melalui Model Make a Match Di Kelas
IV SD Laboratorium UNG Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri
Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Hakop Walangadi,M.Si dan Pembimbing II
Dra. Elmia Umar, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini bahwa “Apakah melalui model Make a Match
hasil belajar siswa materi perkembangan teknologi transportasi di kelas IV SD
Laboratorium UNG Kota Selatan Kota Gorontalo dapat meningkat?”. Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi perkembangan teknologi
transportasi melalui model make a match di kelas IV SD Laboratorium UNG Kota
Selatan Kota Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan
kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian yang dilaksanakan
di kelas IV SD Laboratorium UNG Kota Selatan Kota Gorontalo dengan
jumlah siswa 20 orang yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 10 orang siswa
perempuan yang pada siklus I menunjukkan 10 orang siswa yang memperoleh
kriteria tuntas 50 %. Pada siklus II meningkat menjadi 17 orang siswa 85% kriteria
tuntas atau indikator tercapai.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan melalui model pembelajaran
kooperatif tipe Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi
perkembangan teknologi transportasi.
Kata Kunci: Perkembangan Teknologi Transportasi, Model Make a Match.
Download berkas