Penulis / NIM
NURAIN INDRI ISMAIL / 151408185
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK
Nurain Indri Ismail. NIM. 151408185. 2012. “Meningkatkan Pemahaman Konsep Segi Empat Dengan Menggunakan Alat Peraga Papan Berpetak Pada Siswa Kelas I SDN No 28 Kota Selatan Kota Gorontalo”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan alat peraga papan berpetak pemahaman konsep segi empat siswa kelas I SDN No 28 Kota Selatan Kota Gorontalo meningkat?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep bangun empat dengan menggunakan alat peraga papan berpetak pada siswa kelas I SDN No 28 Kota Selatan Kota Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Metode ini dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman konsep bangun datar segi empat dengan menggunakan alat peraga papan berpetak yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 28 Kota Selatan Kota Gorontalo dengan karakteristik subjek penelitian adalah siswa kelas I dengan jumlah siswa 22 orang yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 9 orang perempuan.
Dari hasil penelitian pada pembelajaran siklus I diperoleh data, dari 22 orang siswa yang dikenai tindakan hanya 12 orang siswa atau 54,53% yang memperoleh nilai 65 ke atas sedangkan pada siklus II meningkat dimana siswa yang memperoleh nilai 65 ke atas berjumlah 21 orang siswa atau 95,43%
Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan maka penulis menyimpulkan bahwa dengan menggunakan alat peraga papan berpetak pemahaman konsep segi empat siswa kelas I SDN No 28 Kota Selatan Kota Gorontalo meningkat.
Kata kunci: Pemahaman, Bangun Datar Segi Empat, Alat Peraga Papan Berpetak
Download berkas