Penulis / NIM
NURHAYAMIN S. LASOKAMAU / 151408187
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSRAK
Nurhayamin S. Lasokamau. Nim 151 408 187. Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Materi Kenampakan Alam Melalui Pendekatan Lingkungan Sekitar Pada Pembelajaran IPS Di Kelas V SDN 28 Kota Selatan Kota Gorontalo. Tugas akhir . Program Studi SI PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultasw Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. 2012
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas V SDN 28 Kota Selatan Kota Gorontalo pada tahun pembelajaran 2011/2012 siswa yang dikenai tindakan berjumlah 18 orang dengan rincian; laki-laki berjumlah 8 orang dan perempuan berjumlah 10 orang yang memiliki kemampuan sedang, serta minat dan motivasi dalam mempelajari IPS berbeda-beda.
Masalah pokok dalam penelitian tindakan kelas ini adalah Apakah Pendekatan Lingkungan Sekitar dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang materi kenampakan alam pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SDN 28 Kota Selatan Kota Gorontalo, maka pemahaman siswa meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Materi Kenampakan Alam Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SDN 28 Kota Selatan Kota Gorontalo. adalah dengan menggunakan Pendekatan Lingkungan Sekitar.
Setelah melakukan Penelitian dengan menempuh 2 siklus, maka hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut: siklus I memperoleh 73% dan pada siklus II meningkat menjadi 80%, dan daya serap siswa mencapai minimal 77%; dengan rincian sebagai berikut: siklus I mencapai 73% dan pada siklus II meningkat menjadi 81%. Dengan demikian indikator kinerja dikatakan berhasil.
Download berkas