Penulis / NIM
NURHAYATI AYUBA / 151408188
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Abstrak
Nurhayati Ayuba. 2012. Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Keterampilan Berbicara Di Kelas III SDN 3 Botumoputi Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd. M.Pd dan pembimbing II Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd. M.Si.
Permasalahan utama dalam penelitian ini yaitu “Apakah minat belajar siswa melalui keterampilan berbicara di kelas III SDN 3 Botumoputi Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo dapat meningkat?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui keterampilan berbicara di kelas III SDN 3 Botumoputi Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun subyek penelitian adalah siswa kelas III SDN 3 Botumoputi Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo sebanyak 17 orang dengan 10 laki-laki dan 7 perempuan.
Penelitian ini dilakukan selama dua siklus. Hasil penelitian mengenai minat belajar siswa melalui keterampilan berbicara yaitu; (1) Jumlah siswa yang mampu mengungkapkan pendapat dan perasaan pada siklus I sebanyak 10 orang (58,82 %) kemudian pada siklus II meningkat menjadi 12 orang (70,59 %); (2) Jumlah siswa yang tepat dalam pengucapan/pelafalan pada siklus I sebanyak 11 orang (64,71 %) kemudian pada siklus II meningkat menjadi 13 orang (76,47 %); (3) Jumlah siswa yang tepat dalam mengungkapan kata pada siklus I sebanyak 10 orang (58,82 %) kemudian pada siklus II meningkat menjadi 14 orang (82,35 %); (4) Jumlah siswa yang lancar/berani dalam berbicara pada siklus I sebanyak 9 orang (52,94 %) kemudian pada siklus II meningkat menjadi 15 orang (88,24 %); (5) Jumlah siswa yang perhatian pada siklus I sebanyak 10 orang (52,94 %) kemudian pada siklus II meningkat menjadi 16 orang (94,12 %); dan (6) Jumlah siswa yang aktif berbicara pada siklus I sebanyak 11 orang (52,94 %) kemudian pada siklus II meningkat menjadi 14 orang (82,45 %). Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa minat belajar siswa dapat ditingkatkan melalui keterampilan bicara siswa.
Download berkas