SKRIPSI

Penulis / NIM
NURHAYATI AYUBA / 151408188
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Abstrak
Nurhayati Ayuba. 2012. Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Keterampilan Berbicara Di Kelas III SDN 3 Botumoputi Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd. M.Pd dan pembimbing II Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd. M.Si. Permasalahan utama dalam penelitian ini yaitu “Apakah minat belajar siswa melalui keterampilan berbicara di kelas III SDN 3 Botumoputi Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo dapat meningkat?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui keterampilan berbicara di kelas III SDN 3 Botumoputi Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun subyek penelitian adalah siswa kelas III SDN 3 Botumoputi Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo sebanyak 17 orang dengan 10 laki-laki dan 7 perempuan. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus. Hasil penelitian mengenai minat belajar siswa melalui keterampilan berbicara yaitu; (1) Jumlah siswa yang mampu mengungkapkan pendapat dan perasaan pada siklus I sebanyak 10 orang (58,82 %) kemudian pada siklus II meningkat menjadi 12 orang (70,59 %); (2) Jumlah siswa yang tepat dalam pengucapan/pelafalan pada siklus I sebanyak 11 orang (64,71 %) kemudian pada siklus II meningkat menjadi 13 orang (76,47 %); (3) Jumlah siswa yang tepat dalam mengungkapan kata pada siklus I sebanyak 10 orang (58,82 %) kemudian pada siklus II meningkat menjadi 14 orang (82,35 %); (4) Jumlah siswa yang lancar/berani dalam berbicara pada siklus I sebanyak 9 orang (52,94 %) kemudian pada siklus II meningkat menjadi 15 orang (88,24 %); (5) Jumlah siswa yang perhatian pada siklus I sebanyak 10 orang (52,94 %) kemudian pada siklus II meningkat menjadi 16 orang (94,12 %); dan (6) Jumlah siswa yang aktif berbicara pada siklus I sebanyak 11 orang (52,94 %) kemudian pada siklus II meningkat menjadi 14 orang (82,45 %). Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa minat belajar siswa dapat ditingkatkan melalui keterampilan bicara siswa.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011