Penulis / NIM
NURMILAN PULUMODUYO / 151408190
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
vii
ABSTRAK
Nurmilan Pulumoduyo. 2012. NIM 151 408 190. Meningkatkan pemahaman
siswa mengenal perkembangan teknologi produksi dengan menggunakan model
JIGSAW pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN No. 17 Kota Barat Kota
Gorontalo. Skripsi. Program Studi SI Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri
Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si dan pembimbing II
Nurhayati Tine S.Pd.I.M.H.I.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah dengan menggunakan model
JIGSAW, pemahaman siswa mengenal perkembangan teknologi produksi pada
mata pelajaran IPS kelas IV SDN No. 17 Kota Barat Kota Gorontalo.
Jenis penelitian tindakan ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK).
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I terdapat 19 siswa atau 66%
siswa yang sudah memahami perkembangan teknologi produksi pada aspek kerja
sama. Ini berarti belum mencapai indikator kinerja yakni 76% sehingga diadakan
tindak lanjut ke siklus II. PADA Siklus II terdapat 24 siswa atau 83% yang sudah
memahami perkembangan teknologi produksi pada aspek kerjasama. Dengan
demikian indikator kinerja telah tercapai dan pembelajaran dianggap tuntas.
Disimpulkan bahwa model JIGSAW meningkatkan pemahaman siswa mengenal
perkembangan teknologi produksi pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN No. 17
Kota Barat Kota Gorontalo.
Kata Kunci : Pemahaman Siswa Mengenal perkembangan teknologi produksi
dengan menggunakan model JIGSAW
Download berkas