Penulis / NIM
NURYANTI IBRAHIM / 151408194
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Nuryanti Ibrahim, 151408194, 2012. Meningkatkan Kemampuan Membedakan Segitiga Dalam Bahasa Inggris Melalui Alat Peraga Logic Block Pada Siswa Kelas V SDN 3 Tuladenggi Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pengetahuan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd dan pembimbing II Wiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: apakah melalui alat peraga Logic Block siswa kelas V SDN 3 Tuladenggi kecamatan Telaga Biru Kemampuan membedakan segitiga dalam bahasa Inggris dapat meningkat?. Adapun tujuan dari penelitian tindakan kelas ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan membedakan segitiga dalam bahasa Inggris dikelas V SDN 3 Tuladenggi Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo melalui alat peraga Logic Block.
Penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan untuk siklus I terdapat 16 Siswa atau 44,44% yang mampu membedakan segitiga dalam bahasa Inggris, dan 20 siswa atau 55,56% belum mampu membedakan segitiga dalam bahasa Inggris, namun pada siklus II meningkat menjadi 29 siswa atau 80,56% yang mampu membedakan segitiga dalam bahasa Inggris dan hanya 7 Siswa atau 19,44% yang belum mampu membedakan segitiga dalam bahasa Inggris.
Melihat uraian sebelumnya maka dengan alat peraga Logic Block kemampuan siswa membedakan segitiga dalam bahasa Inggris Pada siswa kelas V SDN 3 Tuladenggi Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo meningkat.
Kata Kunci: Kemampuan membedakan segitiga, Alat Peraga Logic Block.
Download berkas