Penulis / NIM
NYOMAN PUSPIATI / 151408195
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK
Nyoman Puspiati: 151 408 195. Mengidentifikasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Baca Di Perpustakaan Sekolah Siswa Kelas V SDN 77 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hawa Pattiiha, S.Pd, M.Pd. dan Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah Faktor dan upaya yang mempengaruhi minat baca di perpustakaan sekolah siswa kelas V di SDN No. 77 kota tengah kota gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan faktor-faktor dan upaya yang mempengaruhi minat baca di Perpustakaan sekolah siswa kelas V di SDN No.77 kota tengah kota gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini diambil melalui responden dengan menggunakan angket. Data yang terkumpul tersebut dianalisis dengan menggunakan presentase (%). Berdasarkan hasil kajian teoretis dan berdasarkan hasil anĂ¡lisis data sebaimana yang disajikan dalam bentuk prosentase.
Kesimpulan hasil penelitian Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi minat baca di perpustakaan sekolah siswa kelas V SDN 77 kota tengah kota gorontalo, bagi siswa disarankan, agar mempertahankan minat baca dengan membaca buku di perpustakaan sekolah yang sudah tersedia. Sesuai dengan hasil peneliti dari 38 siswa yang ada kelas V terdapat 20 (52,63%) orang anak yang sering berkunjung di perpustakaan sekolah, dengan jenis buku yang dibaca yaitu buku pelajaran, buku cerita anak. Yang kadang-kadang berkunjung ke perpustakaan sekolah 13 (34,21%) dengan jenis buku yang dibaca adalah buku ensiklopedia, dan fiksi, dan yang tidak pernah berkunjung ke perpustakaan sekolah 5 (13,15%).
Kata kunci: Minat Baca Siswa, Perpustakaan Sekolah.
Download berkas