Penulis / NIM
OLAN RAZAK / 151408196
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ABSTRAK
Olan Razak. Nim 151408196. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Peristiwa Alam Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di Kelas V SDN 30 Kota Selatan Kota Gorontalo, skripsi program SI PGSD Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI S.Pd, M.Pd. Pembimbing II Drs. Djotin Mokoginta S.Pd, M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk
mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN 30 Kota Selatan Kota Gorontalo. Subjek penelitian ini adalah satu kelas, yaitu kelas V dengan jumlah siswa 21 orang yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 8 orang perempuan.
Pelaksanaan tindakan dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan dan evaluasi, dan tahap analisis dan refleksi. Masalah dalam penelitian ini adalah: “Apakah model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi peristiwa alam dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN 30
Kota Selatan Kota Gorontalo?” sedangkan tujuan penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar siswa pada materi peristiwa alam melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas V SDN 30 Kota Selatan Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I skor yang diperoleh siswa hanya 38,09% atau hanya 8 orang siswa yang mencapai ketuntasan dan yang belum mencapai ketuntasan 13 orang siswa, dan daya serap yang diperoleh siswa hanya
66,66%. Sedangkan pada siklus II skor yang diperoleh siswa adalah 90% dengan siswa yang tuntas 19 orang siswa dan yang tidak tuntas hanya 2 orang siswa dengan jumlah 21 siswa, dan daya serap yang diperoleh adalah 90,23%. Ini berarti bahwa penelitian yang dilaksanakan dinyatakan berhasil sesuai dengan indikator
kinerja yang telah ditetapkan yaitu pembelajaran dianggap tuntas apabila minimal 75% atau 19 dari 21 jumlah siswa memperoleh nilai 75 ke atas atau minimal 75 sesuai dengan KKM dengan daya serap yang diperoleh siswa minimal 75%. Dari hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan mdelpembelajaran
kooperatif tipe STAD pada siswa kelas V SDN 30 Kota Selatan Kota Gorontalo pada materi peristiwa alam dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara efektif.
Kata kunci: Hasil belajar, model pembelajaran, kooperatif tipe STAD.
AD'S type.
Download berkas