Penulis / NIM
PANDRI BLONGKOD / 151408198
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK
Pandri Blongkod. 2012. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menceritakan Peristiwa Melalui Metode Karya Wisata di kelas III SDN I Bintana Kecamatan Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Hj. Sumarni Mohamad, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana meningkatkan kemampuan siswa menceritakan peristiwa dengan menggunakan metode karya wisata di kelas III SDN 1 Bintana Kecamatan Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemapuan siswa menceritakan peristiwa melalui metode karya wisata kelas III SDN I Bintana Kecamatan Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara.
Subyek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas III yang berjumlah 30 orang. Aspek yang dinilai pada penelitian ini adalah kemampuan siswa menentukan judul, kemampuan siswa menceritakan kembali (berbicara), dan tata bahasa. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu apabila 50% meningkat menjadi 75% untuk ketiga aspek yang dinilai maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menceritakan peristiwa dapat ditingkatkan melalui metode karya wisata. Hasil analisis data kemampuan siswa sesuai hasil observasi awal menunjukkan bahwa hasil capaian siswa hanya 17% yang tuntas. Pada siklus I hasil analisis data menunjukkan, 33,3% siswa tuntas. Pada siklus II mencapai kriteria ketuntasan belajar sebesar 77%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa menceritakan peristiwa t ditingkatkan dapamelalui metode karya wisata.
Kata kunci: Menceritakan peristiwa, metode karya wisata.
Download berkas