SKRIPSI

Penulis / NIM
RAHMAT H. MACHMUD / 151408205
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK Rahmat H. Machmud, NIM. 151 408 205 “Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Materi Harga Diri Dengan Menggunakan Metode Drill Di Kelas III SDN No. 7 Kecamatan Kota Barat Kota Gorontalo.” Suatu penelitian Tindakan Kelas, Skripsi, Gorontalo, Program S1 PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, 2012. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pemahaman siswa pada materi harga diri dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode drill di kelas III SDN 07 Kota Barat. Adapun tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi harga diri dengan menggunakan metode drill di kelas III SDN No. 07 Kota Barat. Sementara teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas, dimana tindakan penelitian dihentikan jika telah tercapai kriteria ketuntasan belajar sebesar 87% dari jumlah keseluruhan subyek penelitian dengan rata-rata skor lebih dari 65. Subyek dalam penelitian ini adalah 23 siswa kelas III SDN 07 Kota Barat. Tahun pelajaran 2011-2012. Pemahaman siswa diukur berdasarkan kriteria ketuntasan belajar perorangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman siswa dari hasil observasi awal 52% meningkat menjadi 65,21% pada siklus I. Pada siklus II meningkat menjadi 87% pada siklus II. Kesimpulan dari hasil penelitian bahwa dengan menggunakan metode drill pemahaman siswa pada pembelajaran PKn materi harga diri mengalami peningkatan yang baik. Kata kunci: Pemahaman, Harga diri, Metode drill ABSTRACT Rahmat H. Machmud, NIM. 151 408 205 "Improving Comprehension Students About Materials Using the Method of Self-Esteem With Drill No. In Class III SDN. 7 District of West Town Gorontalo city. "A Class Action research, Thesis, Gorontalo, S1 PGSD, Faculty of Education, State University of Gorontalo, 2012. Problems in this study is whether students' understanding of the material self-esteem can be improved by using the drill method in class III SDN 07 West Town. The research goal is to enhance students' understanding of the material self-esteem by using the drill method in class SDN No. III. 07 West Town. While the data analysis technique used is descriptive qualitative. This study uses a Class Action Research, in which the action is stopped if the research has achieved learning criterion of 87% completeness of the total number of study subjects with an average score of more than 65. The subjects in this study were 23 third grade students of SDN 07 West Town. 2011-2012 school year. Understanding of student learning is measured by the criteria of individual completeness. The results showed that students' understanding of the early observations of 52% rising to 65.21% in cycle I. In the second cycle increased to 87% in cycle II. Conclusions from the study that by using the drill method of learning the students' understanding of civic pride increased the material well. Keywords: Understanding, self-esteem, drill method
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011