Penulis / NIM
RAHMAT PRATAMA ARIEF / 151408206
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK
Rahmat P. Arief. 151408206 ”Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS melalui model cooperative tipe jigsaw (Penelitian di kelas IV SDB Al-Huda Kota Selatan Kota Gorontalo)”. Skripsi. Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo (Pembimbing : Dra. Elmia Umar M.Pd dan Nurhayati Tine S.Pdi, M.Hi).
Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan Model Pembelajaran Cooperative tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di SDB Al-Huda Kota Selatan, Kota Gorontalo.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tujuan meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi kegiatan ekonomi pada mata pelajaran IPS. Cara pengambilan data dilaksanakan saat pembelajaran telah selesai dengan memeriksa hasil belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan Model Pembelajaran Cooperative tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Hal ini nampak pada hasil siklus dengan rincian pada observasi awal 41,66% (9 orang), pada siklus 1 mencapai 46,40% (14 orang), dan pada siklus II 78,80% (22 orang) dari 24 orang siswa.
Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Cooperative tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDB Al-Huda Kota Selatan, Kota Gorontalo.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Cooperative Tipe Jigsaw
Download berkas