SKRIPSI

Penulis / NIM
RAHMAT PRATAMA ARIEF / 151408206
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK Rahmat P. Arief. 151408206 ”Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS melalui model cooperative tipe jigsaw (Penelitian di kelas IV SDB Al-Huda Kota Selatan Kota Gorontalo)”. Skripsi. Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo (Pembimbing : Dra. Elmia Umar M.Pd dan Nurhayati Tine S.Pdi, M.Hi). Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan Model Pembelajaran Cooperative tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di SDB Al-Huda Kota Selatan, Kota Gorontalo. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tujuan meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi kegiatan ekonomi pada mata pelajaran IPS. Cara pengambilan data dilaksanakan saat pembelajaran telah selesai dengan memeriksa hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan Model Pembelajaran Cooperative tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Hal ini nampak pada hasil siklus dengan rincian pada observasi awal 41,66% (9 orang), pada siklus 1 mencapai 46,40% (14 orang), dan pada siklus II 78,80% (22 orang) dari 24 orang siswa. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Cooperative tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDB Al-Huda Kota Selatan, Kota Gorontalo. Kata Kunci : Hasil Belajar, Cooperative Tipe Jigsaw
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011