Penulis / NIM
RAHMAWATI. S. KAMUMU / 151408207
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
ABSTRAK
Rahmawati Kamumu. 2012. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Paragraf Melalui Media Gambar. Penelitian Di kelas IV SDN 13 Tilamuta Kecamatan Tilamuta. Skripsi. Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 : Wiwy Triyanty Pulukadang S.Pd, M.Pd dan Pembimbing 2 Dra. Dajani Suleman, M.Hum.
Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan Media Gambar Dapat Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Paragraf di SDN 30 Tilamuta, Kecamatan Tilamuta. Tujuan peneliti adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis paragraf melalui media gambar di kelas IV SDN 13 Tilamuta Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tujuan meningkatkan kemampuan siswa menulis paragraph melalui media gambar. Cara pengambilan data dilaksanakan saat pembelajaran telah selesai dengan memeriksa hasil belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan Menggunakan media gambar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis paragraf. Hal ini nampak pada hasil siklus dengan rincian pada observasi awal 16% (4 orang), pada siklus 1 mencapai 60% (15 orang), dan pada siklus II 88% (22 orang) dari 24 orang siswa.
Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis paragraf di kelas IV SDN 13 tilamuta, kecamatan tilamuta.
Kata Kunci : Menulis Paragraf, Media Gambar
Download berkas