Penulis / NIM
RAHMAWATY A SUNA / 151408208
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK
Rahmawaty A. Suna,2012.Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Masalah Sosial Melalui Metode Pembelajaran Inquiri di Kelas IV SDN 1 Biyonga Kecamatan LimbotoKabupaten Gorontalo. Skripsi,Program Studi S1 PGSD,Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo.Pembimbing I Dra. Hj. HAKOP WALANGADI, M.Si dan Pembimbing IISAMSI POMALINGO, S.Ag, MA.
Masalah dalam penelitian ini apakah dengan menggunakan model pembelajaran inquiri dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS materi Masalah Sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa tentang materi Masalah Sosial melalui model pembelajaran inquiri pada siswa kelas IV SDN 1 Biyonga Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo.Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus terdiri dari tahap persiapantindakan dan tahap pelaksanaan tindakandalam pemantauan dan evaluasi yang berlangsung pada siklus dan hasilnya dideskripsikan melalui tahap analisis dan refleksi tindakan.
Dari hasil kegiatan baik melalui pengamatan dan penilaian yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I belum optimaldimana kriteria sangat baik baru mencapai 63,49 %sehingga perlu ditingkatan.Kegiatan pembelajaran pada siklus II telah memperlihatkan peningkatan yang mencapai 88.26% sehingga peneliti merasa bahwa penelitian tidak perlu dilanjutkan pada siklus berikutnya.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan ,maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inquiri dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi Masalah sosial di kelas IV SDN 1 Biyonga Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : Pemahaman, pembelajaran IPS,Metode inquiri.
Download berkas