SKRIPSI

Penulis / NIM
RAMIN K. PUSINO / 151408209
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Abstrak
ABSTRAK Ramin K. Pusino. 2012. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penggunaan Sumber Daya Alam Dalam Kegiatan Ekonomi Melalui Metode Diskusi Di Kelas IV SDN I Ambara Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo”. Skripsi Program Studi S-I PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si. dan Pembimbing II Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd. M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah hasil belajar siswa pada materi penggunaan sumber daya alam dalam kegiatan ekonomi dapat ditingkatkan melalui metode diskusi di kelas IV SDN 1 Ambara Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo ? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penggunaan sumber daya alam dalam kegiatan ekonomi di kelas IV SDN 1 Ambara Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, test, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I dari total jumlah siswa 23 orang yang dikenai tindakan, yang tuntas sebanyak 11 orang atau 47.82% dan yang belum tuntas sebanyak 12 orang atau 52.17%. Dihubungkan dengan indikator keberhasilan penelitian yang menetapkan minimal 75% siswa memperoleh nilai 70 berarti indikator keberhasilan yang ditetapkan belum tercapai. Sehingga penelitian ini dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II hasil yang dicapai yaitu dari 23 siswa yang dikenai tindakan, yang tuntas sebanyak 21 orang atau 91.30% dan yang belum tuntas sebanyak 2 orang atau 8.69%. hasil yang dicapai pada siklus II melebihi indikator yang diharapkan, sehingga penelitian ini tidak dilanjutkan lagi pada siklus berikutnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penggunaan sumber daya alam dalam kegiatan ekonomi di kelas IV SDN 1 Ambara kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci: Hasil belajar dan metode diskusi.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011