Penulis / NIM
RATNA DAI / 151408210
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Abstrak
ABSTRAK
Ratna. 2012. Penerapan Model Numbered Heads Together Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa di Kelas IV SDN No. 30 Kota Selatan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Hj. Sumarni Mohammad, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini berlatar belakang pada kurangnya kemampuan berbicara siswa di kelas IV SDN No. 30 Kota Selatan. Hal ini disebabkan kerena model pembelajaran yang digunakan guru dalam kegiatan belajar mengajar masih bersifat monoton dan hanya berpusat pada guru. Penelitian bertujuan untuk menerapkan Model Numbered Heads Together dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa di kelas IV SDN No. 30 Kota Selatan.
Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan selama 2 siklus, yang meliputi empat tahap yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I dilihat dari keseluruhan aspek diperoleh hasil 13 orang dari 24 siswa dengan kategori mampu atau sekitar 54,2%, sehingga indikator kinerja yakni minimal 75% siswa yang memperoleh kategori mampu belum tercapai, sehingga perlu dilanjutkan pada siklus berikutnya. Pada siklus II siswa yang mampu dari 54,2 meningkat menjadi 87,5% siswa atau 21 dari 24 siswa. Hasil ini sudah mencapai indikator kinerja yang telah ditetapkan. Maka pembelajaran dianggap tuntas.
Kesimpulan penelitian ini bahwa model Numbered Heads Together dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa di kelas IV SDN No. 30 Kota Selatan.
Kata Kunci: Model Numbered Heads Together dan Berbicara
Download berkas