Penulis / NIM
RATNA RAUF / 151408211
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
ABSTRAK
Ratna Rauf. Nim 151408211. 2012. Meningkatkan Kemampuan Menentukan Luas Persegi dan Persegi Panjang Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Pada Siswa Kelas III SDN No. 64 Kota Timur Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd dan Pembimbing II Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini bahwa “Apakah kemampuan menentukan luas persegi dan persegi panjang dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Inverstigation (GI)?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menentukan luas persegi dan persegi panjang pada siswa kelas III SDN No. 64 Kota Timur Kota Gorontalo melalui model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Metode ini digunakan dengan maksud untuk meningkatkan kemampuan menentukan luas persegi dan persegi panjang dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation di kelas III SDN No. 64 Kota Timur Kota Gorontalo.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menentukan luas persegi dan persegi panjang dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI). Pada siklus I terdapat 10 orang siswa yang memperoleh kriteria tuntas 37,03 %. Pada siklus II meningkat menjadi 23 orang siswa 85,18 % kriteria tuntas atau indikator tercapai.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) kemampuan menentukan luas persegi dan persegi panjang meningkat.
Kata Kunci: Kemampuan Menentukan Luas Persegi dan Persegi Panjang, Group Investigation (GI).
Download berkas