Penulis / NIM
RIANTI ABAS / 151408213
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dra PERTIWI LABORO, M.Pd / 0011125404
Abstrak
ABSTRAK
Rianti Abas. 2012. Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together Pada Siswa Kelas II SDN 3 Kayubulan Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Program Studi S-1 PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum. Pembimbing II Dra. Hj. Pertiwi Laboro, M.Pd.
Masalah penelitian ini apakah kemampuan membaca nyaring dapat ditingkatkan melalui penerapan model Numbered Head Together di kelas II SD? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring melalui penerapan model Numbered Head Together di kelas II SD. Adapun metode penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, bahwa kemampuan membaca nyaring siswa melalui penggunaan model pembelajaran NHT di kelas II SD sudah baik. Hal ini terbukti dengan adanya hasil tes akhir yang dilaksanakan peneliti yaitu siswa yang memperoleh nilai di atas 70 sebanyak 18 orang dengan persentase sebesar 75% dari jumlah siswa 24 orang, siswa yang memperoleh nilai di bawah 70 sebanyak 6 orang atau 25%. Dengan demikian kemampuan membaca nyaring siswa dikatakan baik karena telah memenuhi syarat standar yang telah ditetapkan oleh peneliti yakni dikatakan mampu apabila daya serap siswa mencapai 70% dari jumlah siswa.
Sesuai dengan hasil analisis data yang diolah secara kualitatif maka dapat disimpulkan bahwa Kemampuan membaca nyaring melalui model pembelajaran numbered head together pada siswa Kelas II SDN 3 Kayubulan Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo adalah baik.
Kata kunci : membaca nyaring, numbered head together
Download berkas