Penulis / NIM
RIFKI BULONGKOD / 151408215
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK
Rifki Bulongkod. 2012. Meningkatkan Kemampuan Menentukan Kalimat Utama
dalam Paragraf Melalui Metode Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa Kelas IV
SDN No. 28 Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing I : Hj. Sumarni Mohamad, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II :
Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd.
Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan
menggunakan metode kooperatif tipe jigsaw kemampuan siswa dalam
menentukan kalimat utama pada paragraf kelas IV SDN No. 28 Kota Selatan Kota
Gorontalo dapat ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
kemampuan siswa dalam menentukan kalimat utama pada paragraf kelas IV SDN
No. 28 Kota Selatan Kota Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kooperatif tipe
Jigsaw, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus I, siswa yang mampu
dalam menentukan kalimat utama berjumlah 10 orang atau 43,48% dari 23 siswa.
Pada siklus II, siswa yang mampu menentukan kalimat utama pada paragraf
berjumlah 19 orang atau 82,61% dari 23 siswa.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah peningkatan kemampuan siswa
kelas IV SDN No. 28 Kota Selatan Kota Gorontalo dalam menentukan kalimat
utama dalam paragraf, yang pada observasi awal hanya berjumlah 6 orang (26%)
menjadi 17 orang (75%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan
metode kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam
menentukan kalimat utama dalam paragraf.
Kata Kunci : Jigsaw, Kalimat Utama.
Download berkas