Penulis / NIM
RISNAWATY BUMULO / 151408223
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Abstrak
ABSTRAK
Risnawaty Bumulo. 2012. Meningkatkan pemahaman siswa dalam materi perkembangan teknologi produksi melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas IV SD Muh. Bongohulawa Kecamatan Limboto. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si dan pembimbing II Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si.
Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam materi perkembangan teknologi produksi di kelas IV SD Muh. Bongohulawa Kecamatan Limboto. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam materi perkembangan teknologi produksi melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IV SD Muh. Bongohulawa Kecamatan Limboto.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Langkah dalam penelitian ini yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, tahap analisis dn refleksi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa, dari 4 aspek yang dinilai hanya 67% yang memiliki pemahaman dalam materi perkembangan teknologi produksi. Prosentase ini meningkat pada siklus II. Dari 4 aspek yang dinilai yang sudah memiliki pemahaman dalam materi perkembangan teknologi produksi telah mencapai 83%.
Dengan demikian disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam materi perkembangan teknologi produksi pada siswa kelas IV SD Muh. Bongohulawa Kecamatan Limboto.
Kata Kunci : Pemahaman dan Kooperatif STAD
Download berkas