Penulis / NIM
RITA JAFAR / 151408224
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Abstrak
i
ABSTRAK
Rita Jafar. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Mengenal Tokoh-
Tokoh Persiapan Kemerdekaan Melalui Media Gambar di Kelas V SDN No 27
Dungingi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo.( Pembimbing I Drs.Hi Haris Mahmud,
M.Si dan pembimbing II Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si.)
Permasalahan dalam penelitian ini apakah melalui media gambar dapat meningkatkan
hasil belajar siswa pada materi mengenal tokoh-tokoh persiapan kemerdekaan di
kelas V SDN 27 Dungingi? penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk
meningkatkan Hasil belajar siswa dalam materi mengenal tokoh-tokoh persiapan
kemerdekaan melalui media gambar pada siswa kelas V SDN 27 Dungingi
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan
Kelas (PTK). Langkah dalam penelitian ini yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan
tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Hasil penelitian
pada siklus I menunjukkan bahwa, dari 15 orang siswa yang dikenakan tindakan, 9
orang atau 60% mempunyai hasil belajar yang baik dalam materi Tokoh tokoh
persiapan kemerdekaan. Prosentase ini meningkat pada siklus II. Dari 15 orang siswa
yang dikenakan tindakan, 14 orang siswa atau 93,3 % memiliki hasil belajar di atas
KKM dalam materi Persiapan kemerdekaan Indonesia.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Media gambar dapat meningkatkan hasil
belajar siswa dalam materi persiapan kemerdekaan siswa kelas V SD 27 Dungingi
Kata Kunci : Hasil Belajar dan Media Gambar
ii
ABSTRACT
Rita Jafar. Of 2012. Improve Student Results on Material Preparation Know Your
Characters Through the Media Images of Independence in Class V SDN No 27
Dungingi. Skripsi Department of Primary Teacher Education, Faculty of Education,
State University of Gorontalo. (Adviser I Drs.Hi Haris Mahmud, M.Si, and Adviser
II Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si.)
Problems in this study whether trough media images can improve the student
learning material outcome of the independence preparation the class V SD 27
Dungingi. This conducted with the aim to improve student learning results in the
matteri recognize of independence preparation figures through media images on the
grade five students of SDN 27 Dungingi
The method used in this study is the method Classroom Action Research Method
(PTK). step in this research is the preparation stage, the stage action
implementation, stage monitoring and evaluation , the analysis phase and reflection .
The results showed that in cycle I, of the 15 students who imposed the action, 9 or
60% of have learned a good result in the material preparation for independence
figures . This percentage increased in the second cycle. Of the 15 students who
imposed the action, 14 or 93,3 % of students have studied at above the KKM in the
material preparation of Indonesia's independence.
Based on the result, be studied that the hypothesis of this research could be proved
that media images can improve the student learning material outcome of the
independence preparation the class V SD 27 Dungingi
Keywords: learning results and Media Images
iii
Download berkas