SKRIPSI

Penulis / NIM
RITA JAFAR / 151408224
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Abstrak
i ABSTRAK Rita Jafar. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Mengenal Tokoh- Tokoh Persiapan Kemerdekaan Melalui Media Gambar di Kelas V SDN No 27 Dungingi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo.( Pembimbing I Drs.Hi Haris Mahmud, M.Si dan pembimbing II Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si.) Permasalahan dalam penelitian ini apakah melalui media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi mengenal tokoh-tokoh persiapan kemerdekaan di kelas V SDN 27 Dungingi? penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan Hasil belajar siswa dalam materi mengenal tokoh-tokoh persiapan kemerdekaan melalui media gambar pada siswa kelas V SDN 27 Dungingi Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Langkah dalam penelitian ini yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa, dari 15 orang siswa yang dikenakan tindakan, 9 orang atau 60% mempunyai hasil belajar yang baik dalam materi Tokoh tokoh persiapan kemerdekaan. Prosentase ini meningkat pada siklus II. Dari 15 orang siswa yang dikenakan tindakan, 14 orang siswa atau 93,3 % memiliki hasil belajar di atas KKM dalam materi Persiapan kemerdekaan Indonesia. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi persiapan kemerdekaan siswa kelas V SD 27 Dungingi Kata Kunci : Hasil Belajar dan Media Gambar ii ABSTRACT Rita Jafar. Of 2012. Improve Student Results on Material Preparation Know Your Characters Through the Media Images of Independence in Class V SDN No 27 Dungingi. Skripsi Department of Primary Teacher Education, Faculty of Education, State University of Gorontalo. (Adviser I Drs.Hi Haris Mahmud, M.Si, and Adviser II Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si.) Problems in this study whether trough media images can improve the student learning material outcome of the independence preparation the class V SD 27 Dungingi. This conducted with the aim to improve student learning results in the matteri recognize of independence preparation figures through media images on the grade five students of SDN 27 Dungingi The method used in this study is the method Classroom Action Research Method (PTK). step in this research is the preparation stage, the stage action implementation, stage monitoring and evaluation , the analysis phase and reflection . The results showed that in cycle I, of the 15 students who imposed the action, 9 or 60% of have learned a good result in the material preparation for independence figures . This percentage increased in the second cycle. Of the 15 students who imposed the action, 14 or 93,3 % of students have studied at above the KKM in the material preparation of Indonesia's independence. Based on the result, be studied that the hypothesis of this research could be proved that media images can improve the student learning material outcome of the independence preparation the class V SD 27 Dungingi Keywords: learning results and Media Images iii
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011