Penulis / NIM
SABRIA GALIB / 151408231
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Sabria Galib 2012. Meningkatkan Keterampilan Siswa Kelas IV Pada Materi Teknik Dasar Menyanyi Melalui Metode Drill di SDN 1 Dunu Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitar Negeri Gorontalo 2012. Pembimbing I Drs. H. Haris Mahmud, M.Si dan Pembimbing II Wiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd, M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini dalah Apakah melalui metode drill dapat meningkatkan keterampilan siswa kelas IV SDN 1 Dunu Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara. dalam materi dasar menyanyi ? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam materi dasar menyanyi melalui metode drill di Kelas IV SDN 1 Dunu Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara. Penelitian ini menggunakan desain tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari observasi perencanaan, tindakan dan refleksi. Metode yang digunakan adalah deskriptif analisis.
Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat diperoleh bahwa dari 11 siswa kelas IV SDN 1 Dunu Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara yang memiliki keterampilan teknik dasar menyanyi berdasarkan aspek yang dinilai hasil praktek siswa pada siklus I yaitu aspek ketepatan syair 2 siswa (18%) dikategorikan tepat dan 9 siswa (82%) dikategorikan kurang tepat, berikut aspek kesesuaian nada cukup 8 siswa (73%) dan 3 siswa (27%) tidak sesuai dan aspek penghayatan 6 siswa (55%) karegori cukup menghayati 5 siswa (45%) tidak menghayati, sedangkan pada tahap siklus II aspek ketepatan syair 5 siswa (45%) dikategorikan tepat dan 6 siswa (55%) dikategorikan cukup tepat, berikut aspek kesesuaian nada 2 siswa (18%) kategori sesuai dan 9 siswa (82%) cukup sesuai dan aspek penghayatan 10 siswa (91%) karegori cukpup menghayati, 1 siswa (9%) tidak menghayati. Dengan demikian dilihat dari tahap siklus I rata-rata 45.4% dikategorikan cukup memiliki keterampilan dari 11 siswa, setelah diadakan perbaikan maka pada tahap siklus II diperoleh rata-rata 91% dari 11 siswa dikategorikan memiliki ketermpilan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan siswa dalam materi dasar menyanyi melalui metode drill di kelas IV SDN 1 Dunu Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara meningkat.
Kata kunci : Keterampilan, Teknik Dasar Menyanyi, Metode Drill.
Download berkas