Penulis / NIM
SERLI BADJA / 151408243
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Abstrak
ABSTRAK
Serli. Badja. 2012. Peran Guru Dalam Meningkatkan Disiplin Belajar di Kelas IV SDN 30 Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Dengan Pembimbing I Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd., M.Si.
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah upaya guru dalam meningkatkan disiplin belajar siswa kelas IV SDN 30 Kota Selatan Kota Gorontalo? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan disiplin belajar siswa kelas IV SDN 30 Kota Selatan Kota Gorontalo.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif melalui angket dan wawancara berupa kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Jenis penelitian ini adalah kualitatif.
Dari hasil observasi awal yang menunjukkan bahwa hanya 12 dari 30 orang atau (40 %) dari seluruh siswa kelas IV SDN 30 Kota Selatan Kota Gorontalo yang termasuk siswa dengan kategori disiplin baik (B). Setelah guru melakukan upaya-upaya meningkat menjadi 25 dari 30 orang atau (83,33%) siswa yang termasuk dalam kategori disiplin baik (B). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa disiplin siswa kelas IV SDN 30 Kota Selatan Kota Gorontalo, telah dapat ditingkatkan melalui peran guru dalam meningkatkan disiplin belajar di kelas.
Kata Kunci: Peran Guru, Disiplin Belajar
Download berkas